Potensi Pasar Lampu solar Panel di Indonesia

Potensi Pasar Lampu solar Panel di Indonesia

Potensi Pasar Lampu solar Panel di Indonesia
Indonesia memliki potensi sebagai pasar untuk pengembangan sistem penerangan jalan (LED) dengan energi listrik dari matahari. Mengapa demikian, alasannya adalah sebagai berikut:

1. Masih adanya daerah – daerah yang minim akan penerangan
Daerah – daerah yang dimaksud adalah daerah seperti jalanan yang akan mendekati hutan dan desa – desa yang kurang terjangkau oleh infrastruktur pelistrikan dari PLN. Tiap tahunnya pemerintah pasti akan berusaha untuk memperbaiki penerangan dari daerah – daerah tersebut. Dikarenakan daerah – daerah tersebut jarang dilewati oleh kabel dari PLN, maka lampu LED berenergi matahari menjadi solusi penerangan yang tepat. Hal tersebut dapat menjadi potensi bagi sistem lampu LED berenergi matahari untuk ditawarkan.
2. Penghematan energi dan alternatif energi bahan bakar fosil

Pada awal abad ke-21 ini isu penghematan energi sedang kuat – kuatnya. Terlebih lagi mengenai alternatif untuk energi dengan bahan bakar fosil, dikarenakan mulai menipisnya bahan bakar fosil. Berbagai negara banyak memikirkan mengenai hal ini, tak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan manajemen dan sumber energi pada kebijakan pemerintah dan industri akan dioptimalkan dan dialihkan menuju energi terbarukan, salah satunya energi matahari. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan perangkat berenergikan matahari. Untuk penerangan, melihat besarnya keuntungan dari lampu LED berenergi matahari ( konsumsi daya yang kecil, dan sumber energi yang ramah lingkungan), proyek – proyek pemerintah dan industri akan menggunakan lampu LED berenergi matahari.

3. Terbatasnya daya PLN

Semakin hari pasti infrastruktur pelistrikan Indonesia akan berekspansi. Pada tahun 2010 ini memang mulai dibangun berbagai macam – macam pembangkit listrik dengan energi alternatif, sebagian besar memanfaatkan panas bumi. Hanya saja, pembangunan juga memerlukan waktu yang lama, padahal kebutuhan akan penerapan perangkat – perangkat elektronik khususnya dalam hal penerangan juga perlu dilakukan. Dari masalah inilah muncul peluang bagi lampu LED berenergi matahari untuk masuk ke pasar perangkat elektronik untuk penerangan di Indonesia, karena sumber energinya juga dari matahari. Selain itu, lampu LED berenergi matahari juga tak terpengaruh apabila ada pemadaman, baik yang disengaja maupun tidak. Sehingga pihak – pihak yang tak ingin terpengaruh pemadaman akan melirik ke lampu LED berenergi matahari.

Potensi Pasar Lampu solar Panel di Indonesia   Hambatan Pengembangan dan Aplikasi di Indonesia
Harus diakui, sistem penerangan jalan menggunakan lampu LED dengan energi listrik dari matahari masih butuh investasi besar. Karena beberapa komponen mulai dari panel surya, baterai, hingga lampu LED masih harus didatangkan dari luar negeri sehingga harganya menjadi mahal. Padahal, para pakar Indonesia sudah mampu membuat sendiri. Apalagi sejumlah bahan baku, seperti silica untuk pembuatan panel surya, juga tersedia melimpah di tanah air.

Untuk skala laboratorium Indonesia sudah mampu membuat sendiri panel surya. Yang jadi persoalan adalah belum bisa mencapai skala efisiensi karena tidak memiliki pabrik untuk menghasilkan secara massal. Sehingga meskipun lampu penerang jalan menggunakan lampu LED dengan energi listrik dari matahari memerlukan biaya operasional yang lebih hemat dibandingkan lampu penerang konvensional, pada kenyataannya lampu penerang jalan konvensional lebih banyak dipakai karena biaya investasinya yang lebih murah. demikian sedikit gambaran Potensi Pasar Lampu solar Panel di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>